Ads

Model pembelajaran Discovery Learning (Penemuan)

Model pembelajaran Discovery Learning
Model Pembelajaran
Pembaca sekalian kali ini saya ingin share sedikit tentang model-model pembelajaran yang dianjurkan dalam penyelenggaraan kurikulum 2013 di sekolah. Ada tiga model pembelajaran yang dianjurkan dalam penerapan kurikulum 2013 antara lain: Discovery Learning (DL), Problem Bases Learning (PBL), dan Project Based Learning (PjBL). Nah, walaupun ketiga model ini dianjurkan bukan berarti model-model pembelajaran yang lain tidak boleh diterapkan karena ini sifatnya tidak wajib, sangat diharapkan keterampilan guru dalam menerapkan model pembelajaran di kelas.

Model pembelajaran yang akan saya share kali ini adalah model pembelajaran Discovery Learning (DL). Istilah discovery learning (belajar penemuan) diungkapkan pertama kali oleh Bruner yang berlawanan dengan reception learning (belajar penerimaan). Baik discovery learning maupun rote learning bisa bermakna atau hafalan tergantung pada dikaitkan atau tidaknya pengetahuan baru dengan struktur kognitif siswa (Kirschner, Sweller, and Clark (2004)).

Kemdikbud (2014) menjelaskan bahwa prinsip belajar yang nampak jelas Discovery Learning adalah materi atau bahan pelajaran yang akan disampaikan tidak disampaikan dalam bentuk final akan tetapi siswa didorong untuk mengidentifikasi apa yang ingin diketahui dilanjutkan dengan mencari informasi sendiri kemudian mengorganisasi atau membentuk (konstruktif) apa yang mereka ketahui dan mereka pahami dalam suatu bentuk akhir.

Adapun langkah-langkah (fase) Discovery Learning menurut Syah (2004) menjelaskan fase (Syntax) model Discovery Learning adalah sebagai berikut:

  1. Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)
  2. Problem Statement (pernyataan/identifikasi masalah)
  3. data collection (pengumpulan data)
  4. Data processing (pengolahan data)
  5. Verification (pembuktian)
  6. Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
Untuk contoh penerapan discovery learning (dalam pelajaran matematika) bisa anda lihat pada materi volume benda putar dilink berikut:
Penerapan Doscovery Learning

Berikan Komentar Anda

0 Komentar