Ads

Capaian Pembelajaran (CP) Matematika Fase F SMA Kelas 11-12

Capaian Pembelajaran (CP) Matematika SMA
Capaian Pembelajaran (CP) Matematika SMA

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase perkembangan.

CP mengacu pada hasil yang diharapkan dari proses pembelajaran. CP menjelaskan apa yang diharapkan siswa pelajari, pahami, dan kuasai setelah menyelesaikan suatu tahapan atau periode pembelajaran tertentu. Capaian Pembelajaran biasanya dikaitkan dengan tujuan pembelajaran yang spesifik dan dapat diukur.

Capaian Pembelajaran (CP) Matematika Fase F SMA Kelas 11-12

Berdasarkan pada Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek Nomor 033/H/KR/2022, Capaian Pembelajaran Matematika Fase E atau kelas 10 dirumuskan berdasarkan elemen sebagai berikut:

ElemenCapaian Pembelajaran
BilanganPeserta didik dapat memodelkan pinjaman dan investasi dengan bunga majemuk dan anuitas, serta menyelidiki (secara numerik atau grafis) pengaruh masing-masing parameter (suku bunga, periode pembayaran) dalam model tersebut.
Aljabar dan FungsiPeserta didik dapat menyatakan data dalam bentuk matriks. Mereka dapat menentukan fungsi invers, komposisi fungsi, dan transformasi fungsi untuk memodelkan situasi dunia nyata menggunakan fungsi yang sesuai (linear, kuadrat, eksponensial).
Pengukuran-
GeometriPeserta didik dapat menerapkan teorema tentang lingkaran, dan menentukan panjang busur dan luas juring lingkaran untuk menyelesaikan masalah (termasuk menentukan lokasi posisi pada permukaan Bumi dan jarak antara dua tempat di Bumi). 
Analisis Data dan PeluangPeserta didik dapat merepresentasikan dan menginterpretasi data dengan cara menentukan jangkauan kuartil dan interkuartil.
Peserta didik dapat membuat dan menginterpretasi box plot (box-and- whisker plot) dan menggunakannya untuk membandingkan himpunan data.
Peserta didik dapat menggunakan dari box plot, histogram dan dot plot sesuai dengan natur data dan kebutuhan.
Peserta didik dapat melakukan proses penyelidikan statistika untuk data bivariat. Mereka dapat mengidentifikasi dan menjelaskan asosiasi antara dua variabel kategorikal dan antara dua variabel numerikal. Mereka dapat memperkirakan model linear terbaik (best fit) pada data numerikal. Mereka dapat membedakan hubungan asosiasi dan sebab-akibat.
Peserta didik memahami konsep peluang bersyarat dan kejadian yang saling bebas menggunakan konsep permutasi dan kombinasi.

Dengan Capaian Pembelajaran (CP) diharapkan dapat membantu siswa untuk mengetahui tujuan pembelajaran mereka dan memberikan arah yang jelas dalam proses belajar.

Selanjutnya, berdasarkan Capaian Pembelajaran inilah digunakan untuk menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Matematika Fase F kelas 11-12

Berikan Komentar Anda

0 Komentar