Ads

Download Silabus Matematika Wajib dan Peminatan SMA Kurikulum 2013

Download RPP Kurikulum 2013
Download RPP Kurikulum 2013

Apa itu Silabus?

Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran yang dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu dan digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Bagaimana Menyusun Silabus?

Secara umum, silabus memuat komponen-komponen berikut:

  • Tujuan Pembelajaran: Menjelaskan tujuan yang ingin dicapai oleh siswa setelah mengikuti pembelajaran mata pelajaran tertentu. Tujuan pembelajaran dapat mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diharapkan siswa.
  • Materi Pembelajaran: Menyajikan urutan atau topik materi yang akan diajarkan dalam mata pelajaran tersebut. Materi pembelajaran biasanya disusun berdasarkan struktur kurikulum atau standar kompetensi yang relevan.
  • Metode Pembelajaran: Menggambarkan strategi dan pendekatan yang akan digunakan oleh guru dalam mengajar materi kepada siswa. Metode pembelajaran dapat mencakup ceramah, diskusi kelompok, tugas individu atau kelompok, percobaan praktis, dan penggunaan teknologi pendukung, seperti multimedia.
  • Sumber Belajar: Menyebutkan sumber-sumber belajar yang akan digunakan oleh siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Sumber belajar dapat berupa buku teks, referensi, materi online, atau materi tambahan lainnya.
  • Evaluasi Pembelajaran: Menjelaskan metode dan instrumen evaluasi yang akan digunakan untuk mengukur pemahaman dan pencapaian siswa. Evaluasi pembelajaran dapat mencakup tes tertulis, tugas proyek, presentasi, atau penilaian formatif dan sumatif lainnya.
  • Penjadwalan Pembelajaran: Merinci alokasi waktu yang akan digunakan untuk setiap topik atau aktivitas pembelajaran dalam rentang waktu tertentu, seperti semester atau tahun pelajaran.

Silabus berfungsi sebagai panduan bagi guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang terstruktur dan terarah. Selain itu, silabus juga memberikan gambaran kepada siswa tentang apa yang akan dipelajari dan mencapai selama proses pembelajaran.

Berikut ini akan akan kami share beberapa file Silabus Matematika wajib dan matematika peminatan Kurikulum 2013 untuk jenjang SMA. Bagi yang membutuhkan silahkah download saja secara gratis, tanpa perlu menyusunnya dari awal:

Sekian dulu ulasan tentang Silabus Matematika Wajib dan Matematika SMA Kurikulum 2013, mudah-mudahan bisa menjadi tambahan referensi bagi bapak ibu guru SMA dalam mengimplementasi Kurikulum 2013 di sekolah masing-masing.

Berikan Komentar Anda

8 Komentar

  1. Terimakasih, sangat membantu

    BalasHapus
  2. Selamat siang. Salam kenal pak.
    Bapak punya contoh silabus matematika SMA kelas xi jurusan bahasa yg memakai kurikulum 2013? Kalo punya kiranya bapak bersedia berbagi dengan saya. Terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang juga ibu, sebelumnya mohon maaf saya juga kurang paham kalo untuk Jurusan Bahsa. tapi insyaallah akan saya carikan.

      Hapus
    2. tapi sepertinya untuk kurikulum 2013 tidak dibatasi jurusan ibu, hanya wajib dan peminatan.

      Hapus
  3. pak , tolong donk rpp matematika kelas XI kurikulum 2013

    BalasHapus
  4. di sini gan, yang mau download rpp matematika kurikulum 2013 kelas xi wajib http://kabartebo.blogspot.com/2014/08/misteri-di-balik-kurikulum-2013.html

    BalasHapus